Artikel ini lebih ditujukan bagi lulusan fresh graduate untuk membantu mereka cepat diterima kerja di perusahaan atau lembaga yang mereka minati.

Logkerja.id – Siapa sih yang tidak ingin cepat diterima kerja oleh perusahaan atau instansi yang sedang kita lamar? Apalagi jika perusahaan itu adalah target yang sudah diidam-idamkan sejak masih menempuh bangku pendidikan. Bahkan tidak heran untuk meningkatkan peluang lolos makin besar, para pelamar minta dibuatkan CV kepada “tukang ahli” yang testimoninya telah membantu banyak pelamar dengan keunikan desain yang mereka hadirkan.

Baca juga: Wawancara Online? Ini yang Harus Anda Persiapkan

Meskipun hal tersebut juga bisa anda lakukan, tetapi ada aturan penting yang harus dipahami agar CV anda benar-benar menarik minat pemberi kerja. Dalam hal ini kita fokuskan pada pihak HRD selaku tempat penampung lamaran anda, karena memang departemen inilah “pintu” terbesar yang harus anda kalahkan agar mereka setidaknya mau membaca setiap detail informasi yang anda berikan.

Apakah Desain CV yang Menarik Bisa Membuat Anda Cepat Diterima Kerja?

Logkerja ingin tegaskan desain CV yang menarik bukan satu-satunya hal utama kenapa HRD mau memberikan anda kesempatan untuk cepat diterima kerja di perusahaan yang notabene tempat mereka juga dalam mencari nafkah, karena faktanya ada juga tuh CV yang desainnya biasa aja tetapi mampu mengalahkan banyak sekali CV yang memiliki desain dengan komposisi warna proporsional dan menarik untuk dilihat.

Penting untuk anda ingat bahwa konten / isi yang anda sajikan dalam CV adalah Raja sedangkan desain hanyalah Pendukung. Bisa dikatakan jika desain CV anda bagus tapi isinya sangat biasa itu seperti membeli buah rambutan yang berwarna merah tapi rasa dagingnya itu masam sekali. Logkerja dan anda pasti setuju jika rasanya tidak enak apabila ingin diteruskan ke dalam tenggorokan.

Begitu juga halnya dengan HRD. Pihak HRD tentunya tidak mau menerima pelamar yang tidak bisa memberi keuntungan bagi perusahaan. Jika perusahaan menerima pekerja dengan kualitas yang buruk maka HRD yang akan disalahkan. Hal ini tentu akan mengancam posisi mereka sebagai bagian dari perusahaan tersebut. Mereka tentu tidak mau dipecat karna menerima karyawan yang tidak kompeten.

Baca Juga: Kenapa Penahanan Ijasah Tidak Melanggar Hukum? Cari Tahu Alasannya Disini

Oleh karena itu isi CV yang harus ditonjolkan adalah keterampilan dan kemampuan spesifik yang anda miliki. Jika anda menulis “mampu mengoperasikan Ms Office” di CV anda, Logkerja pastikan hal tersebut bukan merupakan sesuatu yang istimewa karena hampir semua orang bisa melakukan itu bahkan anak SD sekarang saja ada yang mempelajari hal itu di sekolah.

Mungkin jika anda hidup di tahun 80an maka hal ini sangat berharga sekali dimana komputer adalah barang mahal dan kemampuan untuk menguasainya adalah hal yang langka. Oleh karena itu Logkerja ingin mengajak semua pelamar untuk meninggalkan cara berpikir yang biasa menuju ke arah yang lebih spesifik. Hal ini tentu akan sangat berguna bagi anda khususnya bagi fresh graduate yang masih sangat hangat keluar dari oven pendidikan dan ingin cepat diterima kerja.

Keterampilan dan Kemampuan Seperti Apa yang Harus Disampaikan di CV agar cepat diterima kerja?

Keterampilan dan kemampuan anda harus disampaikan lebih spesifik dan tentunya menunjang posisi yang ingin anda lamar. Jika memang anda ingin melampirkan keterampilan Ms Office maka sampaikan secara detail.

Program di Ms Office itu ada banyak dan bagian mana yang anda kuasai dengan baik. Jika anda menguasai Microsoft Excel maka sampaikan rumus-rumus pamungkas yang anda kuasai seperti lookop, vlookop, if, choose, find, dan index. Rumus-rumus seperti itu tidak banyak orang menguasainya dan ini bisa menjadi nilai jual anda agar cepat diterima kerja.

Contoh lainnya, Anda ingin melamar posisi Sales maka tuliskan kemampuan yang menunjang posisi tersebut seperti kemampuan komunikasi, presentasi, penjualan, pemasaran, negosiasi, networking, mempengaruhi orang lain, pencapaian target dan lain sebagainya. Lebih bagus lagi jika anda bisa menunjukkan bukti dari kemampuan itu seperti seberapa besar pencapaian anda. Selanjutnya pada keterampilan sebutkan kemahiran anda dalam mengoperasikan sotware Excel beserta rumus pamungkasnya, Power Point, Outlook, dan lainnya.

Excel sangat berguna untuk membaca dan membuat laporan, Power Point sudah tentu untuk presentasi, dan Outlook untuk memudahkan anda mengirim email. Lebih lagi jika anda mampu menjalankan software yang mampu mengelola kontak klien.

Baca Juga: Ciri-Ciri Email Palsu Bermodus Rekrutmen Yang Wajib Anda Tahu

Jika anda masih fresh graduate tidak perlu minder atau merasa kalah dengan mereka yang sudah berpengalaman. Anda bisa mencantumkan pencapaian anda ketika melakukan magang, praktek kerja industri atau bahkan kegiatan organisasi anda. Sertakan setiap pencapaian setiap project yang anda selesaikan. Sekali lagi Logkerja ingatkan bahwa isi yang anda sampaikan harus mendukung posisi yang ingin anda lamar.

Jangan sampai ketika anda ingin melamar posisi Sales tapi yang anda sampaikan adalah pencapaian dalam memenangi kompetisi lomba kicau burung. Itu sangat tidak nyambung dan tidak berkaitan sama sekali. Berbeda halnya jika pencapaian itu tentang anda yang mampu menjual 1000 burung kicau hanya dalam waktu 3 jam.

Contoh lain lagi, jika anda ingin melamar posisi Engineer di perusahaan manufaktur maka tuliskan kemampuan penunjang seperti problem solving, kepemimpinan, komunikasi, pembuat keputusan, kerja sama tim, dan lainnya. Sedangkan pada keterampilan sebutkan anda bisa menguasi software Catia, Autocad 2D & 3D, Solidwork, Visio, Planner, Excel, Photoshop, dan Illustrator.

Semakin mantab lagi jika ada portofolio yang membuktikan kemampuan anda dalam mengoperasikan software-software tersebut. Terserah ingin dalam bentuk video atau softcopy yang dimark atas nama anda.

Portofolio itu bisa anda tunjukkan hanya dengan menyertakan link atau tautan yang nantinya mengarah ke blog, youtube atau google drive yang anda miliki. (sebaiknya alamat url atau tautan telah anda persingkat/ shortner terlebih dahulu, anda bisa menggunakan pilihan bitly dan tinyurl)

Jika pihak HRD melihat hal tersebut tentu mereka akan berpikir bahwa anda spesial karna menjadi jawaban atas permasalahan yang sedang dibutuhkan oleh perusahaan. Mereka pasti akan segera menghubungi dan menanyakan kesediaan anda untuk melakukan tahap rekrutmen selanjutnya.

Baca Juga: Cara Sukses Negosiasi Gaji Dengan Perusahaan

Selain itu cantumkan hanya jurusan dan jenjang pendidikan terakhir yang sudah anda selesaikan. HRD sepertinya tidak terlalu peduli dimana anda menyelesaikan TK, SMP, SMA/ SMK sederajat jika pendidikan terakhir anda sudah Diploma keatas, begitupun juga bila anda hanya menyelesaikan jenjang SMA/SMK sederajat, maka pendidikan SMP, dan SD tidak perlu anda tuliskan.

Jangan lupa untuk menuliskan email dan no hp aktif agar nanti pihak HRD bisa menghubungi anda dengan mudah.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membuka peluang anda agar cepat diterima kerja semakin besar. Follow juga akun instagram @logkerja untuk mendapatkan info lowongan kerja terbaru.

https://logkerja.id/wp-content/uploads/2020/12/cv.jpghttps://logkerja.id/wp-content/uploads/2020/12/cv-150x150.jpglowkerTips Melamar KerjaLoker EksklusifTips BekerjaTips karirArtikel ini lebih ditujukan bagi lulusan fresh graduate untuk membantu mereka cepat diterima kerja di perusahaan atau lembaga yang mereka minati. Logkerja.id - Siapa sih yang tidak ingin cepat diterima kerja oleh perusahaan atau instansi yang sedang kita lamar? Apalagi jika perusahaan itu adalah target yang sudah diidam-idamkan sejak masih...Lowongan Terbaru, Loker Akurat Terpercaya
Ingat yah!
1) Sejak tanggal 10 Februari 2020 domain website Logkerja berubah secara resmi dari dot(com) ke (dot)id.
2) Logkerja.id tidak pernah meminta sejumlah imbalan/ biaya atau data informasi pelamar untuk keperluan apapun.